Artikel
Sinergitas Komdigi dan media Ciptakan Ruang Digital yang Sehat

Dalam acara Bsnis Indonesia
Forum “4 Dekade Bisnis Indonesia: Mengawal Perjalanan Ekonomi Bangsa
dari Masa ke Masa”, Selasa (10/6/2025), Menteri Komunikasi dan Digital Meutya
Hafid mengajak media massa di Indonesia untuk menjaga kredibilitas dan etika
jurnalistik demi ruang digital yang lebih aman dan sehat.
3 Tantangan Bagi Media di Era Digital
·
Persaingan dengan platform digital global
Media local harus bersaing dengan
platform asing, seperti YouTube dan TikTok dalam menyebarkan informasi secara massif.
·
Audiens makin terfragmentasi dan personalisasi konten
Media harus pintar Menyusun strategi
agar informasi yang disampaikan tetap relevan.
·
Perubahan format ke video dan audio
Pengemasan informasi atau berita saat
ini lebih banyak melalui podcast, reels, dan video pendek, bukan sekedar
teks.
Peluang Besar di Balik Tantangan
Total belanja iklan media nasional kuartal I 2024 mencapai
USD 774 juta, menjadi indikasi kuat bahwa media nasional masih dipercaya
sebagai kanal strategis oleh dunia usaha.
Agenda Utama Komdigi Perkuat Ekosistem Media
·
Literasi
Digital Menyeluruh Upaya ini dilakukan agar masyarakat semakin cerdas dalam
emmilih informasi dan tidak mudah termakan hoaks.
·
Etika
dan Tata Kelola Teknologi Termasuk pengawasan konten, platform, dan penggunaan
AI.
·
Penguatan
SDM Media Memberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas jurnalis agar siap
menghadapi era digital dan disrupsi teknologi.